Kunai

Minggu, 27 September 2015

CHATTING

A. CARA CHATTING


Bagi yang masih bingung mengenai cara chatting di Yahoo, mungkin sedikit banyaknya kamu akan menganggap harus menggunakan Yahoo Messenger agar bisa nge-chat. Sebenarnya kamu dapat melakukannya dengan cara yang lebih mudah dan praktis tanpa menggunakan Yahoo Messenger. Meskipun pada dasarnya cara yang harus dilakukan adalah sama, namun cara ini cukup efisien. Kenapa? Karena kamu tidak perlu login dari Yahoo Messenger. Kamu dapat langsung nge-chat ke komunitas ataupun ke teman-teman kamu ketika kamu sedang login ke dalam halaman Yahoo Mail.
Bagi yang belum tahu caranya.. Sebenarnya untuk bisa chat langsung dari halaman yahoo mail, kamu hanya perlu menambahkan aplikasi adobe flash player. Dan ketika kamu telah menginstalnya, kamu bisa langsung chatting dari yahoo mail. Ini bermanfaat buat kamu yang cuma ingin melihat ataupun pengen tongkrongin account yahoo kamu sambil menunggu email masuk. So, dengan cara ini kamu bisa cek email sambil nge-chat dengan teman kamu yang (siapa tahu aja) ingin menyampaikan suatu berita/informasi ke kamu.
Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis tentang cara chatting dengan hp. Sekarang buat kamu yang masih bingung tentang hal ini, silahkan dicoba biar bisa chatting melalui yahoo mail.
instal-adobe-flash-player-di-yahoo-mail
Hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah login ke account Yahoo kamu. Sudah? Setelah login, kamu akan melihat perintah bahwa kamu diminta untuk menginstal adobe flash player. Kalau kamu bingung, coba perhatikan gambar disamping. Yup, silahkan di klik tulisan yang berada dalam kotak warna biru. Setelah kamu klik, kamu akan menuju ke halaman baru (instal adobe flash player) yang akan menampilkan halaman untuk menginstal aplikasi adobe tersebut. Kemudian klik ‘agree and instal now’ untuk mendowload. Setelah selesai di download, jangan lupa tutup jendela web browser yang sedang kamu jalankan untuk menginstal aplikasi tersebut di komputer kamu. Dan kemudian…, selesai..
Sekarang kamu coba lagi login ke account kamu, dan klik ‘start a new chat’, kemudian masukkan id teman kamu untuk memulai chat. Tetapi kalau kamu sudah memiliki beberapa orang teman atau id yang telah kamu add sebelumnya, maka disitu akan terlihat jika ada teman kamu yang sedang online.


start-a-new-chat
So, kamu bisa say “hello” sama teman kamu tanpa menggunakan yahoo messenger :-)




Sumber : http://www.andyfebrian.com/cara-chatting-melalui-yahoo-mail/




B. ETIKA CHATTING
Seperti kehidupan di dunia nyata, di dunia maya (internet) ada etika (Netiquette) yang harus kita terapkan untuk menjaga hubungan sosial dengan sesama pemakai internet lainnya agar berjalan harmonis dan saling menghormati. Tidak banyak aturan khusus yang tertulis, namun mudah sekali dipahami bahwa yang paling utama adalah jangan sampai seseorang tersinggung / sakit hati dengan apa yang telah Anda lakukan baik itu melalui email, chatting, memberi komentar di postingan melalui social network dan lain-lain.
Pelanggaran terhadap etika atau tata krama tidak ada sangsi yang bisa dirasakan secara langsung, paling tidak Anda akan dikucilkan di dunia maya (Isolasi), di black-list dari lingkungan, dikeluarkan dari keanggotaan suatu lembaga internet/komunitas dan lain sebagainya. Namun tidak tertutup kemungkinan akan terjadinya pembalasan secara langsung karena sakit hati (technically attack) terhadap resource yang kita miliki.
Secara umum, hal yang paling mendasar saat melakukan komunikasi dengan seseorang melalui email, chatting dan posting di forum/social network. Disini yang harus kita jaga adalah :
1. Sopan, siapapun partner kita, usahakan jangan menggunakan kata-kata yang kasar dan sejenisnya, serta kata-kata berbau porno.
2. Jujur, sampaikan dengan sesungguhnya apa yang harus disampaikan tetapi hindari menyampaikan sesuatu yang bersifat pribadi.
3. SARA, hal ini sangat sensitif yang mudah sekali memicu konflik dan Anda harus yakin bahwa ini tidak akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak.
4. Jangan memaksakan kehendak, apapun alasannya jika partner kita tidak menanggapi apa yang kita sampaikan, kita tetap harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab.
5. Jangan menggunakan huruf kapital (besar), hal ini bisa berarti teriakan, marah, atau sejenisnya sehingga membuat lawan kita tersinggung atau marah.
6. Jangan suka mengganggu dan iseng, ketika chatting dan melihat status partner sedang online, belum tentu dia mempunyai waktu yang cukup untuk chatting, barang kali dia memiliki pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, untuk itu jangan melakukan "Buzz" secara terus menerus.
7. Aktifkan status offline, hal ini sebagai alternatif jika kita tidak ingin diganggu, ketika sedang melakukan pekerjaan atau konsentrasi dengan chatter lainnya.
8. Jangan pernah memberikan no telepon atau personal information.
9. Kritik dan saran yang bersifat pribadi sebaiknya melalui personal message, hindari memberikan kritik atau saran yang bisa dibaca oleh orang lain karena ini akan merendahkan lawan bicara kita dan sebaiknya bersifat konstruktif bukan destruktif.
10. Hindari personal attack, saat melakukan debat sengit sebaiknya jangan menjadikan kelemahan pribadi seseorang sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. sebab ini akan menunjukkan semakin dangkal pengetahuan Anda, meskipun lawan debat adalah orang yang paling Anda benci. Gunakan data atau fakta sebagai bahan diskusi, bukan kepribadian seseorang.

Sumber :  http://tik-khadijah.blogspot.com/2009/02/kode-etik-di-internet-netiquette.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar